Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Aug 2024
skincare untuk kulit berminyak

Harus Hati-hati, Ini Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak

Punya kulit berminyak memang bisa merepotkan. Wajah kita jadi rentan terlihat kusam, lengket, bahkan terkadang lebih berpotensi jerawat. Tidak heran, banyak orang mencari rangkaian skincare untuk kulit berminyak untuk mengatasi masalah ini.

Tapi, tahukah kamu bahwa memilih skincare kulit berminyak itu tidak boleh sembarangan? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan ketahui sebelum check-out produk baru. Jangan sampai kondisi kulitmu malah semakin parah karena memilih skincare yang salah. 

Maka dari itu, yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tips untuk memilih skincare terbaik untuk kulit berminyak!

Ciri-Ciri Kulit Berminyak

1. Wajah Terlihat Berkilau dan Berminyak

Salah satu ciri-ciri kulit berminyak yang paling mudah dilihat adalah wajah yang terlihat berkilau, terutama di area T-zone (dahi, hidung, dagu) sepanjang hari, bahkan setelah dibersihkan.

2. Pori-Pori Besar

Pada umumnya, kulit berminyak memiliki pori-pori yang ukurannya lebih besar dibandingkan jenis kulit lainnya. Hal ini karena produksi sebum berlebih yang terkadang dapat menyumbat pori-pori dan membuat pori-pori wajah terlihat lebih besar.

3. Mudah Berjerawat dan Komedo

Produksi sebum berlebih pada kulit wajah berminyak dapat menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya bakteri, sehingga, risiko munculnya jerawat dan komedo pun menjadi lebih tinggi.

4. Kulit Terasa Lengket dan Basah

Kulit berminyak juga sering terasa lengket dan basah, terutama setelah beraktivitas atau ketika kamu berada di cuaca panas. Hal ini terjadi karena minyak berlebih di permukaan kulit dapat menarik debu dan kotoran.

5. Makeup Mudah Luntur

Ciri-ciri kulit berminyak lainnya adalah makeup atau riasan wajah yang mudah luntur atau tidak tahan lama. Minyak di wajah kita dapat memecah foundation dan bedak, sehingga membuatnya terlihat patchy atau kusam.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

1. Rutin Membersihkan Wajah

Cara mengatasi kulit berminyak yang pertama adalah membersihkan wajah secara rutin. Bersihkanlah wajah atau cuci muka 2 kali sehari, di pagi dan malam hari, dengan sabun cuci muka yang lembut dan cocok untuk kulit berminyak.

Pilihlah sabun cuci muka yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengontrol produksi sebum, seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, atau tea tree oil. 

2. Eksfoliasi Kulit Secara Teratur

Kulit yang berminyak rentan jerawat. Untuk mengatasinya, ingatlah untuk eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga mencegah pori-pori tersumbat. 

Sebaiknya, gunakanlah eksfoliator yang lembut. Misalnya, produk yang punya bahan AHA atau BHA, yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan juga memperbaiki tekstur kulit.

3. Rutin Gunakan Pelembap yang Tepat

Kulit berminyak tidak berarti kamu bisa skip penggunaan pelembap atau moisturizer. Justru, pelembap yang tepat dapat membantu mengontrol produksi minyak wajah. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mencari moisturizer untuk kulit berminyak.

Pertama, carilah pelembap yang bersifat oil-free (bebas minyak) dan non-comedogenic (non-komedogenik), supaya pelembap tersebut tidak menyumbat pori-pori dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan bahan-bahan kandungan pelembap tersebut. Bahan skincare yang cocok untuk kulit berminyak contohnya hyaluronic acid, glycerin, atau lidah buaya. Pelembap dengan bahan dasar air juga dapat membantu menghidrasi kulit tanpa membuatnya berminyak.

Mencari rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak? Caring Avocado Skin Barrier Moisturizer dari Naturally Speaking by ERHA bisa jadi pilihan yang tepat!

Pelembap ini adalah pelembap serbaguna yang terbuat dari ekstrak alpukat dan tekstur mousse yang mudah menyerap ke kulit tanpa meninggalkan sensasi lengket. Selain itu, pelembap ini juga diperkaya dengan butylene glycol, kolagen, dan centella asiatica.

Dengan bahan tersebut, pelembap ini dapat melindungi sekaligus melembapkan kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak. Skin barrier kamu pun juga bisa semakin terawat.

4. Perhatikan Pola Makan dan Perbanyak Minum Air

Apa yang kamu makan juga turut memengaruhi kondisi kulitmu. Maka dari itu, hindari makan-makanan berlemak atau gorengan yang dapat memperparah produksi minyak di wajah. Pastikan juga kamu minum air yang cukup setiap hari agar kulit tidak dehidrasi.

5. Pilih Make-Up untuk Kulit Berminyak

Sama seperti skincare, pilihlah makeup yang berlabel oil-free dan non-comedogenic. Gunakanlah juga produk-produk dengan hasil akhir natural atau matte, contohnya matte foundation, agar dapat membuat kulit terlihat halus dan mengontrol kilap kulit.

Kamu juga perlu memilih produk-produk yang ringan dan mudah diaplikasikan. Hindari base makeup yang tebal dan berat karena dapat menyumbat pori-pori.

Rangkaian Basic Skincare untuk Kulit Berminyak 

Rangkaian Basic Skincare Pagi

1. Cuci muka

Saat kamu bangun di pagi hari, pertama-tama cucilah wajah dengan sabun cuci muka yang lembut untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan bakteri.

2. Toner

Selanjutnya, gunakan toner untuk membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit wajah agar dapat menyerap produk skincare selanjutnya dengan baik. Ingatlah untuk memilih toner yang ringan dan mudah menyerap.

3. Pelembap

Bila kamu tidak membutuhkan serum untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu, kamu bisa langsung menggunakan pelembap setelah toner. 

4. Sunscreen

Untuk menghindari kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, selalu gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk mendapatkan perlindungan optimal.

Rangkaian Basic Skincare Malam

1. Micellar Water, Cleansing Oil, atau Cleansing Balm

Di malam hari, apabila kamu sudah seharian beraktivitas di luar atau menggunakan makeup, bersihkanlah wajah terlebih dahulu dengan micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm.

2. Cuci Muka

Sesudahnya, cucilah muka untuk benar-benar mengangkat semua sisa-sisa kotoran dari wajah.

3. Toner

Lanjutkan dengan toner untuk menyeimbangkan pH dan mempersiapkan kulit untuk rangkaian skincare selanjutnya.

4. Pelembap

Akhir basic skincare untuk kulit berminyak dengan pelembap yang ringan agar kulit tetap terhidrasi selama kamu tidur.

Itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang rangkaian skincare untuk kulit berminyak! Perlu diketahui, kulit setiap orang berbeda-beda, jadi apa yang manjur di kulit orang lain, terkadang belum tentu manjur di kulit kita sendiri, jadi bersabarlah sampai kamu menemukan skincare routine yang paling tepat.

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter