Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Aug 2024
Apakah Scrub Badan Boleh Dipakai Setiap Hari?

Apakah Scrub Badan Boleh Dipakai Setiap Hari? Ini Jawabannya!

Punya kulit yang sehat dan terawat tentu merupakan dambaan setiap orang. Salah satu cara untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan scrub badan, karena scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit. 

Dengan scrubbing, kulit kita bisa tampak lebih sehat dan cerah. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya, sebetulnya apakah scrub badan boleh dipakai setiap hari? 

Untuk mengetahui jawabannya serta cara menggunakan scrub badan dengan tepat, ayo, baca artikel ini hingga selesai!

Manfaat Scrub Badan untuk Kulit

Scrub badan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Karenanya, tak sedikit orang yang menginkorporasikan perawatan ini ke rutinitas skincare dan body care mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat scrub badan untuk kulit:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat scrub badan yang pertama adalah kemampuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit kita. Sel kulit mati perlu diangkat karena jika tidak, mereka dapat membuat kulit tampak kusam, kering, dan kasar.

Bila tercampur dengan minyak atau kotoran, sel-sel kulit mati ini juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat atau permasalahan kulit lainnya. 

Scrub badan dengan butiran yang halus dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

2. Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Noda

Bila sel-sel kulit mati dibersihkan secara rutin dengan scrub badan, kulit juga bisa jadi semakin cerah. Tampilan noda atau hiperpigmentasi juga bisa tersamarkan seiring dengan berjalannya waktu.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Eksfoliasi dengan scrub badan juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Ini karena ketika kamu menggosokkan butiran scrub ke kulit, gerakan tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

Peningkatan aliran darah ini dapat membantu menutrisi kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat.

4. Menjaga Kesehatan Pori-Pori

Pori-pori tersumbat dapat menyebabkan komedo dan jerawat. Dengan scrub badan atau body scrub, kita bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya hal tersebut dan menjaga kesehatan pori-pori, karena scrub dapat mengangkat kotoran dan minyak.

Apakah Scrub Badan Boleh Dipakai Setiap Hari? 

Karena manfaat body scrub begitu baik, mungkin kamu bertanya-tanya, apakah scrub badan boleh dipakai setiap hari? Jawabannya adalah tidak.

Ada beberapa alasan mengapa scrub badan sebaiknya dipakai secara berkala dan bukan setiap hari:

1. Mengganggu Lapisan Perlindungan Alami Kulit

Kulit kita memiliki lapisan pelindung alami yang disebut mantel asam. Lapisan ini berfungsi membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan melindunginya dari bakteri dan iritasi.

Jika kamu terlalu sering menggunakan scrub badan, lapisan mantel asam ini bisa terganggu atau bahkan menghilang, sehingga kulit menjadi lebih rentan terhadap kekeringan, iritasi, dan infeksi.

2. Membuat Kulit Kering

Scrub badan umumnya hadir dalam beberapa jenis, ada yang memiliki bulir kasar dan ada juga yang memiliki bulir-bulir kecil halus. Scrub dengan bulir kasar dan besar berisiko mengikis minyak alami di kulit.

Akibatnya, kulit bisa menjadi kering, bersisik, dan bahkan terasa gatal. Kalau kamu memiliki kulit kering, penggunaan scrub badan berlebihan dapat memperparah kondisi kulitmu.

3. Memperparah Iritasi Kulit

Apabila kamu memiliki kulit sensitif atau kulit yang sedang iritasi, misalnya jerawat atau eksim, penggunaan scrub badan dapat memperparah kondisi tersebut. Hal ini karena butiran scrub dapat mengiritasi kulit yang sudah sensitif, sehingga proses penyembuhan bertambah lama.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Scrub Badan?

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Maka dari itu, gunakanlah body scrub secara berkala dan sesuaikan dengan kondisi kulitmu. Pada umumnya, kamu disarankan untuk menggunakan scrub badan 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal yang minim potensi iritasi.

Cara Menggunakan Body Scrub dengan Benar

1. Pilih Scrub Badan yang Tepat

Cara menggunakan body scrub dengan benar yang pertama adalah pastikan kamu memilih scrub badan yang tepat. Hindari scrub dengan bulir-bulir besar dan kasar karena dapat mengiritasi kulit. Sebaliknya, pilihlah produk yang memiliki bulir-bulir kecil dan halus.

Kalau kamu mencari rekomendasi scrub badan yang lembut dan tidak mengiritasi, cobalah Smooth Grapeseed Exfolliating Body Scrub dari Naturally Speaking by ERHA!

Body scrub ini terbuat dari grapeseed, serta mengandung beeswax dan glycerin, sehingga dapat bersifat sebagai antioksidan untuk meningkatkan kesehatan kulit, sekaligus membersihkan segala kotoran dan sel-sel kulit mati dari tubuh.

Bulir-bulirnya yang kecil dan lembut juga tidak akan terasa kasar atau sakit di kulit serta minim potensi iritasi!

2. Mandi dengan Air Hangat 

Sebelum mulai scrubbing, mandilah dengan air hangat agar pori-pori kulit lebih terbuka, sehingga kulit bisa lebih mudah menyerap scrub.

3. Oleskan Scrub Secukupnya ke Kulit Lembap

Jika sudah, pada saat kulit masih lembap, oleskanlah body scrub secukupnya ke area-area yang ingin kamu eksfoliasi. Lalu, gosokkanlah scrub tersebut dengan gerakan memutar perlahan. 

Hindari menggosok scrub terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit. Kamu juga bisa fokus ke area-area yang kasar dan kusam, seperti siku, lutut, dan tumit.

Setelahnya, bilaslah scrub dengan air hangat hingga bersih, lalu keringkan kulit dengan handuk lembut.

4. Gunakan Pelembap

Setelah siap mandi dan scrubbing, jangan lupa gunakan moisturizer atau body lotion ke seluruh kulit. Hal ini berguna untuk menjaga kelembapan dan menenangkan kulit setelah proses eksfoliasi tersebut.

Itu dia penjelasan singkat mengenai body scrub dan jawaban untuk pertanyaan apakah scrub badan boleh dipakai setiap hari. Ingatlah untuk selalu menggunakan produk-produk perawatan kulit sesuai dengan anjuran untuk mendapatkan hasil terbaik, ya!

 

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter