Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Mar 2024
tips menggunakan scrub wajah

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Menggunakan Scrub Wajah yang Benar!

Face scrub atau scrub wajah adalah produk skincare dengan tekstur butiran yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat scrub wajah di antaranya adalah mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, mencegah penuaan dini, menyamarkan bekas jerawat, sekaligus mencegah jerawat datang kembali. Manfaat-manfaat tersebut tentu hanya bisa dirasakan jika kamu mengaplikasikannya dengan tepat. 

Ketahui Perbedaan Masker dan Scrub Wajah agar Tidak Keliru

Sekilas, scrub wajah terlihat serupa dengan masker wajah. Padahal, masker dan scrub wajah memiliki beberapa perbedaan, termasuk pada penggunaannya. Perbedaan antara masker dan scrub wajah dapat dilihat dari beberapa aspek. Berikut ini penjelasannya.

  • Tekstur

Masker wajah memiliki tekstur yang bervariasi, seperti krim, gel, dan masker peel-off. Masker yang memiliki tekstur krim atau gel umumnya dipakai untuk melembapkan dan mencerahkan kulit wajah. Sementara itu, masker peel-off biasanya lebih ampuh dalam mengangkat sel kulit mati. Di sisi lain, scrub wajah memiliki tekstur yang lebih kasar karena mengandung butiran-butiran kecil, sehingga mampu menggosok kulit wajah dan membuat sel kulit mati terangkat dengan lebih cepat.

  • Fungsi

Umumnya, masker wajah mengandung bahan-bahan aktif yang bermanfaat untuk menutrisi, melembapkan, dan mencerahkan kulit, seperti vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan. Sementara itu, scrub wajah diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit.

  • Frekuensi penggunaan

Kamu bisa menggunakan masker wajah sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu. Di sisi lain, penggunaan scrub wajah dapat dilakukan dua minggu sekali. Namun, hal itu bergantung pada jenis scrub yang kamu gunakan.

Tips Menggunakan Scrub Wajah untuk Menghindari Iritasi Kulit

Penggunaan scrub wajah yang tidak tepat sering menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh sebab itu, pemilihan dan cara menggunakannya tidak boleh disepelekan. Hmm, apa saja, ya, tips menggunakan scrub wajah supaya kulit tidak teriritasi?

  • Sesuaikan jenis scrub wajah dengan jenis kulitmu: Hal ini sangat penting diperhatikan, terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat. Dalam hal ini, pemilihan scrub dengan butiran yang tidak terlalu kasar dan lembut di kulit sangat direkomendasikan. Selain itu, pilihlah scrub yang mampu mengontrol minyak berlebih agar jerawat tidak mudah muncul dan kulit tetap terhidrasi.
  • Jangan menggunakan scrub wajah jika kulitmu sedang meradang atau iritasi: Menggunakan scrub wajah saat kulit mengalami peradangan justru dapat memperparah kondisi kulit. Hal ini disebabkan karena gosokan butiran-butiran scrub yang membuat sensitivitas kulit meningkat.
  • Hindari menggosok scrub wajah terlalu kencang agar kulit tidak luka: Pijat scrub wajah secara lembut dengan gerakan melingkar sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  • Aplikasikan moisturizer setelah scrub wajah: Proses scrubbing, terlebih jika menggunakan butiran yang kasar bisa mengangkat sel kulit mati sekaligus minyak alami kulit. Akibatnya, kulit jadi kering dan terasa kaku. Moisturizer sangat baik diaplikasikan pada kulit setelah scrub wajah untuk menggantikan minyak yang hilang dan memberikan hidrasi ekstra. Dengan demikian, kulit kembali terasa kenyal. Penggunaan moisturizer juga penting karena membuat kulit menjadi lebih tenang setelah berkontak langsung dengan butiran-butiran scrub.

Kenali Manfaat Naturally Speaking Charming Dragon Fruit Face Scrub

Biasanya, untuk mendapatkan berbagai manfaat scrub wajah, face wash, dan face mask, kamu harus menggunakan tiga produk yang berbeda. Kini, semua kebaikan produk perawatan kulit tersebut bisa kamu rasakan hanya dengan menggunakan satu produk, yaitu Charming Dragon Fruit Face Scrub dari Naturally Speaking. Produk ini merupakan scrub wajah alami yang dibuat dari bahan dasar ekstrak buah naga yang dikombinasikan dengan kandungan niacinamide, ekstrak bunga calendula, rosehip oil, dan sea buckthorn oil. Scrub multifungsi ini efektif menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas karena mengandung lima kali antioksidan alami.

Tekstur Naturally Speaking Charming Dragon Fruit Face Scrub yang lembut dan menenangkan membuatnya cocok digunakan oleh semua tipe kulit, bahkan kulit sensitif. Berbeda dengan scrub wajah biasa yang tidak disarankan untuk digunakan setiap hari, scrub ini justru aman digunakan harian karena tidak membuat kulit iritasi dan mudah kering. Manfaat dari scrub wajah ini sangat beragam, mulai dari mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh, menghilangkan minyak dan kotoran membandel, mencerahkan dan melembapkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta menjaga elastisitas kulit. 


Jangan lupa untuk melakukan double cleansing sebelum mengaplikasikan Naturally Speaking Charming Dragon Fruit Face Scrub agar produk dapat bekerja dengan maksimal di kulit. Untuk informasi lengkap mengenai produk, silakan kunjungi halaman ini dan temukan rangkaian produk perawatan kulit dari Naturally Speaking di e-commerce kesayanganmu

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter